Berbagi Dengan Komputer | Teknologi Komputer

Kamis, 19 Mei 2011

Lindungi Data di flashdisk dengan Bitlocker

Lindungi Data di Flashdisk dengan BitLocker

Nah,sekarang Anda tidak akan merasa khawatir jika Anda menyimpan data-data penting yang bersifat rahasia di flashdisk. Karena jika flashdisk tersebut hilang atau dicuri data di dalamnya masih tetap aman. Bagusnya lagi, Anda masih bisa mengakses data tersebut tidak hanya di Windows 7. Anda masih bisa membukanya di Windows XP ataupun Vista walaupun versi Windows tersebut belum support BitLocker di flashdisk.
Jika Anda ingin melindungi data di flashdisk dengan BitLocker, simak langkah-langkah berikut untuk melakukannya:
  1. Pertama, tancapkan flashdisk Anda ke komputer dan buka My Computer.
  2. Pada jendela My Computer, klik kanan flashdisk Anda dan klik Turn on BitLocker.
  3. TurnOn BitLocker
  4. Setelah itu jendela BitLocker akan muncul untuk menganalisa flashdisk. Anda diperingatkan agar tidak mencabut flashdisk Anda hingga proses selesai.
  5. Pada jendela selanjutnya, berikan tanda centang pada Use password to unlock the drive atau pada Use smart card to unlock the drive. Tetapi jika Anda tidak mempunyai smart card atau kurang paham dengan opsi yang ke dua, saya sarankan Anda memilih Use password to unlock the drive untuk melindungi flashdisk dengan password.
  6. Kemudian masukkan password Anda pada kotak input yang telah disediakan dan klik Next.
  7. BitLocker Password
  8. Di jendela selanjutnya Anda diberikan pilihan yaitu Save the recovery key to file atau Print the recovery key. Hal ini bertujuan sebagai backup dari password Anda jika Anda lupa dengan password tadi. Disini Anda bisa memilih opsi pertama untuk menyimpan backup key ke dalam file teks atau opsi kedua untuk mencetaknya. Dalam kasus saya, saya pilih opsi satu yaitu menyimpannya dalam file teks. Untuk itu klik opsi Save the recovery key to file, maka akan muncul jendela simpan. Berikan nama untuk file teks tersebut dengan nama yang Anda suka dan klik tombol.
  9. BitLocker Key
  10. Selanjutnya klik tombol Next untuk melanjutkan dan pada jendela selanjutnya klik tombol Start Encrypting untuk memulai proses enkripsi.
  11. BitLocker Start Encryption
  12. Tunggu hingga proses enkripsi selesai. Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama. Pada flashdisk saya yang berukuran 2 GB membutuhkan waktu samapi 15 menit.
  13. Jika proses telah selesai akan muncul jendela dan klik tombol close untuk mengakhiri.
        Flashdisk Anda telah dilindungi dengan BitLocker. Jika flashdisk tersebut diklik pada Explorer maka Anda akan diminta untuk memasukkan password untuk bisa mengakses data di dalamnya.
Sekarang bagaimana mengakses data di dalam flashdisk tersebut di komputer dengan Windows XP? Berikut caranya:
  1. Tancapkan flashdisk pada komputer maka akan muncul jendela yang meminta Anda untuk memasukkan password.
  2. Jika jendela ini tidak muncul, buka My Computer, double klik icon flashdisk. Jalankan BitLocker ToGo.exe. Maka jendela di atas akan muncul.
  3. BitLocker executable file
  4. Masukkan password yang tadi Anda pakai untuk mengunci flashdisk tadi dan klik tombol Unlock.
  5. BitLocker Input Password
  6. Jika password yang Anda masukkan benar, maka muncul jendela baru untuk mengakses data di flashdisk Anda.
BitLocker ToGo
        Namun sayangnya, jendela BitLocker To Go Reader ini bersifat Read-Only. Maksudnya Anda hanya bisa membaca isi dari flashdisk tanpa bisa menyimpan data baru di flashdisk tersebut. Selain itu, sebelum Anda membuka sebuah dokumen dalam flashdisk tersebut, Anda harus meng-copy-nya terlebih dahulu ke lain tempat. Caranya adalah dengan mengklik kanan sebuah dokumen dan memilih copy to folder. Jika hal ini Anda rasa kurang menyenangkan atau kurang bagus Anda bisa menghilangkan enkripsi dari flashdisk tersebut. Karena keterbatasan waktu caranya akan saya bahas pada lain kesempatan.
VN:F [1.9.8_1114]

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites